Taksi Blue Bird Bakal Bisa Dipesan lewat Aplikasi Go-Jek

Kerja sama antara Go-Jek dan Blue Bird nampaknya bakal segera terwujud dalam waktu dekat. Pasalnya, sebuah aplikasi bernama GoBird Driver sudah muncul di toko aplikasi Google Play Store.

Di dalam aplikasi tersebut, terdapat keterangan yang menyebutkan bahwa aplikasi itu merupakan aplikasi khusus pengemudi taksi Blue Bird yang ingin mengambil pesanan dari pengguna aplikasi Go-Jek.

Pantauan KompasTekno, Senin (14/11/2016), aplikasi GoBird Driver dibuat oleh PT Go-Jek Indonesia. Dengan kata lain, aplikasi tersebut besar kemungkinannya adalah aplikasi resmi.

screenshot
Aplikasi GoBird Driver untuk pengemudi taksi Blue Bird yang ingin mengambil pesanan dari pengguna Go-Jek.
Ada juga keterangan yang menyebutkan bahwa pengemudi taksi Blue Bird yang memakainya bisa mengaktifkan atau menon-aktifkan aplikasi sesuka hati. Saat aktif, maka pengemudi bisa menerima pesanan dari pengguna aplikasi Go-Jek.

Namun keterangan di aplikasi GoBird Driver
tidak menjelaskan secara detail bagaimana cara konsumen melakukan pemesanan, apakah bakal terintegrasi dengan aplikasi Go-Jek atau melalui aplikasi Blue Bird sendiri yang terpisah.

Begitu juga saat KompasTekno, mengecek aplikasi Go-Jek versi 2.9.0 di Android, sama sekali tidak terlihat adanya tombol atau fitur baru. Sedangkan fitur lama yang bisa dipakai memesan kendaraan roda empat untuk penumpang hanyalah Go-Car.
Public Relations Manager Go-Jek, Rindu Ragilia mengonfirmasi bahwa GoBird Driver memang dibuat untuk pengemudi taksi Blue Bird yang nantinya bisa dipesan lewat aplikasi Go-Jek. Menurutnya, aplikasi itu saat ini belum bisa digunakan.

“Aplikasi itu (GoBird Driver) untuk mitra pengemudi Blue Bird yang akan digunakan nantinya ketika layanan kerja sama antara Blue Bird dan Go-Jek sudah jalan. Sekarang masih dalam proses sinkronisasi sistem, nanti kalau sudah mulai jalan kita akan memberikan informasi kepada pelanggan,” terang Rindu saat dihubungi KompasTekno, Senin (14/11/2016).

Sebelumnya, Go-Jek dan BlueBird memang telah menandatangani kesepakatan kerja sama khusus yang diumumkan Mei tahun ini. Kerja sama yang dimaksud dilakukan dalam aspek teknologi, sistem pembayaran, hingga promosi.

Baca: Apa Bentuk Kerja Sama Antara Blue Bird dan Go-Jek

Selain itu, Head of Public Relation Blue Bird, Teguh Wijayanto saat itu mengatakan akan ada kerja sama dalam hal pemesanan kendaraan. Bentuknya berupa sebuah tombol pemesanan taksi Blue Bird yang dimasukkan dalam aplikasi Go-Jek.

Menggandeng Blue Bird merupakan langkah cerdas Go-Jek. Pasalnya Blue Bird sudah memiliki izin operasi sebagai taksi resmi. Mobil-mobilnya pun berplat kuning dan rutin menjalani uji kir. Dua hal itulah yang selama ini masih menjadi perdebatan di layanan ride sharing, seperti Uber, Grab, atau Go-Car milik Go-Jek sendiri.

Di sisi lain, dari segi jumlah pengguna, aplikasi Blue Bird juga masih kalah populer jika dibandingkan dengan Go-Jek. Langkah ini bisa membuat Blue Bird menjangkau para pelanggan Go-Jek.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s