Pria Bakar Hutan demi Swafoto di Facebook

Demi swafoto (selfie) di media sosial, tindakan apapun rela dilakukan, termasuk membakar hutan. Itulah yang dilakukan oleh seorang pria 21 tahun asal Kentucky, AS.

Laporan NBC News yang dirangkum KompasTekno, Senin (14/11/2016), menyebutkan bahwa sang pemuda bernama Johnny Mullins itu pekan lalu ditahan karena ketahuan sengaja menyulut api agar bisa menyiarkan video swafoto yang dramatis di Facebook.

Dalam video-video swafoto tersebut, Mullins yang berambisi ingin menjadi peramal cuaca di televisi tampak berbicara di depan kepulan asap kebakaran hutan.

Mullins telah berkali-kali membuat video serupa dalam kumpulan segmen yang disebutnya sebagai “Weather Outlook (Ramalan Cuaca)” di Facebook. Tak jelas mana saja yang apinya sengaja disulut.
Johnny Mullins/ Facebook
Johnny Mullins dalam salah satu video kebakaran hutan yang diunggahnya ke Facebook.
“Dia suka menyiarkan video Facebook supaya orang mengikutinya,” ujar James Stephens, kepala polisi kota Jenkins di Kentucky, tempat Mullins ditahan.

“Dia suka dengan perhatian yang didapat dari Facebook,” kata Stephens, sambil menambahkan bahwa Mullins tak menyadari betapa tindakan yang dilakukannya membahayakan orang lain.

Laman Facebook Mullins hingga kini masih aktif. Video terakhirnya mengenai kebakaran hutan yang diunggah pada 6 November lalu telah ditonton lebih dari 5.000 kali.

Bulan ini, kebakaran hutan melanda wilayah tenggara AS di Tennessee, Kentucky, North Carolina, dan Georgia. Pihak berwenang mencurigai setidaknya 20 kasus kebakaran mengandung unsur kesengajaan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s